Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Jasa Konsultan

Setiap bisnis bisa melakukan kesalahan tapi apakah kesalahan itu bisa ditangani dengan benar mungkin adalah hal yang berbeda. Sebagai contoh facebook beberapa tahun belakangan ini sudah melakukan kesalahan terkait dengan data pelanggan yang bocor. Kemudian masih ada banyak contoh termasuk jasa konsultan juga bisa melakukan kesalahan yang bisa merugikan beberapa pihak, bahkan jasa konsultan itu sendiri.


Artikel ini dibuat untuk anda yang ingin mengetahui kesalahan yang sering dibuat oleh jasa konsultan khusus untuk anda agar lebih cermat dalam memilih jasa konsultan terbaik.

Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Jasa Konsultan

Jasa konsultan memang sebuah jasa yang sangat berguna bagi anda yang ingin meningkatkan performa bisnis anda. Dengan bantuan jasa konsultan anda akan lebih mudah mengerjakan berbagai hal dengan mudah dan menyelesaikan permasalahan dengan solusi yang tepat sasaran.


Nah ini dia beberapa daftar kesalahan yang sangat umum dilakukan oleh sebuah jasa konsultan.

  • Tidak Memberikan Secara Jelas Kualifikasi Layanan
    Merupakan kesalahan yang sangat sering dilakukan oleh penyedia jasa konsultan. Kesalahan ini menyebabkan banyak klien menjadi bingung terutama perusahaan dan bisnis menengah ke bawah karena mereka masih sering bingung mengenai pengertian jasa konsultan yang sebenarnya.
    Seharusnya jika kita menempatkan sudut pandang sebagai klien tentunya kita harus mengetahui keuntungan terbesar apa yang akan didapatkan ketika kita bekerja bersama dengan sebuah jasa konsultan.
    Misal sebuah jasa konsultan akan memberikan sebuah hasil pada hari ke 100 dan dikirimkan di hari 80 juga merupakan sebuah kelebihan yang dimiliki oleh jasa konsultan, karena mereka memberikan pelayanan yang baik.
  • Tidak Melibatkan Klien Dalam Mengerjakan Pekerjaan
    Ya jasa konsultan memang memiliki keahlian yang sudah tidak diragukan lagi, mereka memiliki berbagai orang yang berpengalaman menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi di sebuah perusahaan. Perlu diperhatikan juga bahwa beberapa jasa konsultan melakukan kesalahan yang sederhana yaitu tidak melibatkan klien dalam pekerjaan mereka.
    Jasa konsultan yang baik akan selalu berkomunikasi dengan baik dengan para klien mereka secara rutin sehingga bisa membangun relasi yang mendalam kepada mereka. Dengan relasi yang lebih mendalam tentunya akan menjadikan penyelesaian masalah menjadi lebih tepat sasaran.
  • Bekerja Tanpa Adanya Kontrak Yang Mendetail
    Ini adalah sebuah kesalahan yang cukup fatal baik dari sisi klien maupun sisi jasa konsultan sendiri. Tanpa adanya kontrak dari sisi jasa konsultan mereka tidak akan mengetahui Batasan pekerjaan yang akan mereka kerjakan, begitupun sebaliknya dengan klien, mereka tidak mengetahui Batasan pekerjaan juga.
    Jadi kontrak ini sangatlah penting untuk dibuat sebelum melakukan pekerjaan untuk mengurangi kesalahpahaman yang akan terjadi selanjutnya. Jika jasa konsultan bekerja tanpa adanya kontrak segera tanyakan segera mengenai kontrak pekerjaan.
  • Pemberian Hasil Yang Kurang Jelas
    Hal ini terjadi karena dampak pada poin kedua dimana komunikasi klien dengan jasa konsultan tidak terjalin dengan baik. Hal ini akan berdampak buruk pada jasa konsultan begitu juga dengan klien, karena mereka berdua akan sama – sama menerima dampak negatif.
    Sebagai contoh sebuah jasa konsultan memberikan sebuah strategi marketing yang dibuat berdasarkan research dengan 50 an slide power point, sedangkan klien mengharapkan hanya 20an slide, tentunya akan menjadi sebuah kesalahan komunikasi yang akan berdampak dengan hasil yang tidak maksimal.

Jadi pemberian hasil ini haruslah berdasarkan dengan kejelasan yang bisa membuat kedua belah pihak setuju dan juga memahami dengan baik.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *