Konsultan Branding

Pengertian Konsultan Branding

Konsultan Branding adalah konsultan yang bertugas untuk memberikan solusi, analisis,dan keahlian pemasaranuntuk membantu perusahaan menjual produk-produk mereka. Konsultan mengembangkan dan membantu menjalankan strategi untuk produk baru atau yang sudah ada dan dapat mempengaruhi kegiatan marketing dari design dan keputusan distribusi untuk periklanan serta meningkatkan hubungan masyarakat dengan brand yang ada.

Konsultan branding akan mengumpulkan data dari penelitian pasar untuk mengenali target pasar dan menilai bagaiman persepsi konsumen terhadap brand tersebut. Persaingan, tren usaha, dan nilai produk juga akan diamati dan dikumpulkan datanya. Konsultan juga dapat melakukan audit internal demi memastikan kebutuhan dan tujuan dari perusahaan sejalan dengan hasil yang didapatkan di kenyataan. Informasi ini akan digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan strategi branding secara keseluruhan yang meliputi logo, design paket, harga, penempatan kampanye iklan dan input pelanggan. Seperti yang telah disebutkan diatas, distribusi produk juga akan dipengaruhi oleh keputusan konsultan branding dimulai dari medium yang digunakan sampai bagaimana pesan yang dibentuk untuk demografi yang berbeda.

Sebelum menggunakan Konsultan Branding kalian wajib Tau dulu apa saja langkah-langkahnya :

  1. Mencari tau siapa target audiens dan kompetitor
  2. Tentukan fokus dan karakteristik Brand anda
  3. Tentukan Nama Brand anda
  4. Tentukan Slogan Brand Anda
  5. Tentukan penampilan atau gaya brand anda
  6. Desain Logo untuk brand anda
  7. Lalu Kembangkan Terus brand anda.

Kegunaan menggunakan Konsultan Branding

Pada saat anda melakukan perencanaan untuk branding produk pasti terkendala informasi akan pasar yang akan dimasuki produk baik dari sisi ekspektasi dan penerimaan pelanggan maupun persaingan dari produk lain dalam bidang yang sama. Anda membutuhkan tenaga yang lebih ahli untuk dapat mencari tahu hal tersebut, bukan hanya mempunyai informasi tersebut tetapi mempunyai pengalaman dan keahlian untuk dapat membangun sebuah brand yang dapat diterima dan bersaing dengan baik di pasar tersebut. Anda dapat menghemat waktu dan tenaga serta mengurangi resiko akan kegagalan dengan menggunakan konsultan branding yang tepat untuk membentuk brand produk anda. Strategi Pemasaran yang tepat dalam membangun brand anda juga akan membantu anda menghemat biaya karena dapat menghindarkan diri anda dari pengeluaran yang tidak perlu akan cara pemasaran yang tidak efektif. Dengan bantuan konsultan branding, strategi yang tepat akan membuat brand anda semakin dikenal dan cepat terjual sehingga keuntungan yang besar akan datang dalam waktu yang singkat.

            Pada dasarnya semya jenis bisnis memiliki produk atau layanan yang kemudian dijual ke konsumen. Namun, jika anda haya menjual tanpa mempertimbangkan mamfaat jangka panjang, keuntungan yang diperoleh akan sangat rapuh dan posisi sebagai pelaku bisnis pun akan mudah tergeser oleh kompetitor. Karena itu, seorang pelaku bisnis juga perlu mempertimbangkan branding. saat sebuah bran dikenal banyak orang dan menancap kuat dalam benak mereka, bisni yang dijalankan akan jauh lebih kokoh serta mampu bertahan secara global di era zaman yang modern ini.

Tugas Seorang Konsultan Branding

  1. Membantu Merencanakan strategi branding untuk setiap klien
  2. Membuat brand yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh klien
  3. Mengelola brand dengan baik dan efektif sebagai strategi promosi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *