Konsultan Modal Ventura

Apa itu Modal Ventura ??

            Modal Ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal kedalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha untuk jangka waktu tertentu. Pada  umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditukar dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha.

Ini Fungsi Konsultan Modal Ventura Dalam Pengembangan Bisnis

Pernahkah anda mendapatkan bantuan modal dari perusahaan modal ventura?

Apakah menguntungkan?

Nah, sebelum lebih jauh lagi, mari kita mengenal apa itu modal ventura. Perusahaan modal ventura identik dengan investasi beresiko tinggi. Modal ventura sejatinya adalah lembaga keuangan bukan bank yang didirikan oleh sejumlah pemodal yang siap menyuntikkan dana kepada usaha, organisasi, atau perorangan.

Namun, sebuah perusahaan modal ventura tentu memiliki pertimbangan khusus mengapa mereka berani menanamkan modalnya kepada anda. Menurut Peter Thiel, dalam buku yang berjudul “Zero To One” menyatakan, bahwa para pemodal ventura ini akan mengidentifikasi apakah sebuah perusahaan yang diberikan modal tersebut menguntungkan atau tidak.

Lantas dari mana sumber dana mereka?

Sumber dana para pemodal ventura biasanya berasal dari lembaga keuangan, atau orang-orang kaya yang memang berniat menginvestasikan sejumlah uang untuk perusahaan atau bisnis yang sedang berkembang. Sebagian besar pemodal akan tertarik pada perusahaan teknologi yang mereka anggap akan bertambah nilainya di kemudian hari.

Bagi anda para pemodal atau pelaku bisnis yang memerlukan suntikan dana melalui sistem ini, sebaiknya anda melakukan konsultasi lebih lanjut kepada pakar atau konsultan modal ventura profesional.

Tidak bisa dipungkiri bahwa modal ventura adalah sistem pembiayaan yang berisiko tinggi. Karena setiap modal yang dikeluarkan belum tentu berbalas dengan keuntungan yang berkali lipat.

Seorang konsultan modal ventura profesional akan memastikan setiap modal yang anda keluarkan akan diterima oleh pelaku bisnis yang tepat, yang memiliki nilai jual tinggi, dengan produk yang akan berkembang dari tahun ke tahun.

Konsultan modal ventura akan memberikan rekomendasi berdasarkan riset mengenai bentuk kerjasama terbaik yang bisa dilakukan antara pemodal dengan pelaku bisnis.

Misalnya jika para pemodal menginginkan investasinya menghasilkan provit yang tinggi, para konsultan akan mengarahkan mereka kepada perusahaan yang sudah berjalan dan memiliki reputasi yang baik. Sehingga dana yang dikeluarkan oleh para pemodal dipastikan berbalas keuntungan berupa provit atau laba dari perusahaan yang diberikan modal.

Namun, jika seorang pemodal ingin mengembangkan sebuah produk baru atau teknologi baru, konsultan modal ventura akan mengarahkan mereka kepada para pelaku start-up yang gemar melakukan riset dan penelitan demi kesempurnaan produk baru tersebut. Antara lain:

  • Mengembangkan suatu proyek penelian untuk mengembangkan produk dan pengetahuan baru.
  • Mengembangkan teknologi baru.
  • Mengambil alih perusahaan yang terancam gulung tikar.
  • Bertujuan sosial, seperti program pengentasan kemiskinan, pembiayaan proyek NGO atau LSM.
  • Membantu pembentukan perusahaan baru yang belum tentu untung.

Biasanya para pemodal sudah memahami bahwa dana yang mereka keluarkan belum tentu berbalas dengan keuntungan yang bisa dihasilkan dalam waktu dekat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *