Konsultan Pembangkit Tenaga Listrik

PEMBANGKIT  LISTRIK

Apa itu pembangkit listrik?

            Pembangkit listrik adalah alat yang dapat menghasilkan energi listrik dari suatu sumber tertentu.

Komponen utama yang menghasilkan energi tersebut adalah generator, atau mesin berputar yang dapat menyulap energi mekanis menjadi daya listrik hanya dengan mengandalkan penghantar listrik dan medan magnet.

Siklus pembangkit tenaga listrik yang cepat dan efisien sangat mempengaruhi efisiensi dan pendapatan dari pembangkit listrik. Dengan semakin luasnya pemanfaatan sumber energi terbarukan, pembangkit listrik harus mampu mengurangi tingkat produksinya ketika sumber energi non-tradisional tersedia, dan dengan cepat mengubah tingkat produksinya bila dibutuhkan.

Macam-Macam Pembangkit Tenaga Listrik

  1. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  2. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)
  3. Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)
  4. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB)
  5. Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
  6. Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)
  7. Pembangkit Listrik Tenaga Ombak (PLTO)
  8. Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Dari Macam-Macam Pembangkit Tenaga Listrik tersebut masing-masing mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda .

Peran Penting Pembangkit Tenaga Listrik

            Pembangkit Tenaga Listrik sangat berperan penting untuk daerah-daerah terpencil atau desa yang masih minim akan penerangan rumah mereka yang susah terjangkau oleh PLN . Dengan menggunakan pembangkit listrik para masyarakat ataupun warga tidak perlu khawatir lagi akan penerangan dalam rumah mereka.

Fungsi Pembangkit Listrik itu sendiri adalah untuk menghasilkan energi listrik yang berguna bagi masyarakat luas untuk dimamfaatkan sebagai sumber energi bagi peralatan-peralatan atau barang-barang yang menggunakan energi listrik juga membangkitkan energi listrik melalui berbagai macam pembangkit tenaga listrik.

Sumber-Sumber Energi alam yang dapat membuat Pembangkit Tenaga Listrik :

  • Bahan bakar yang berasa dari fossil seperti batubara , minyak bumi , gas alam.
  • Bahan galian seperti uranium , thorium.
  • Tenaga Air , yang penting adalah tinggi jatuh air dan debitnya
  • Tenaga Angin , Daerah Pantai dan Pegunungan
  • Tenaga Matahari

Peran atau Tugas  Konsultan Pembangkit Tenaga Listrik :

            Dengan menggunakan Jasa Konsultan Pembangkit Listrik akan membuat anda sangat mudah dalam tahap awal dalam melakukan pekerjaan Pembangkit Tenaga Listrik yang mungkin ada awam atau tidak tau dalam hal tersebut, Mulai dari :

  • Membuat Perencaan

            Seorang Konsultan dan tim akan membuat dan menyusun List  perencanaan akan disusun secara terperinci sebagai panduan bagi tim selama kegiatan berlangsung. aktivitas yang akan dilakukan pada tahap ini adalah membuat dokumentasi project plan, resource plan, financial plan, risk plan, acceptance plan, communication plan, procurement plan, contract supplier dan perform phare review..

  • Pembangunan Atau Pelaksaannya

            Pekerjaan  yang jelas dan terperinci, maka aktivitas siap untuk memasuki tahap eksekusi atau pelaksanaan dalam pekerjaannya . Pada tahap ini , tujuan pekerjaan secara fisik akan dibangun. Seluruh aktivitas yang terdapat dalam dokumentasi project plan akan dieksekusi.

  • Memantau dan Sistem Pengendalian dalam Pekerjaannya

            Memantau setiap kegiatan pengembangan berlangsung, beberapa proses manajemen perlu dilakukan guna memantau dan mengontrol penyelesaian deliverables sebagai hasil akhir proyek.

  • Selesai pekerjaannya.

             Hasil akhir proyek (deliverables project) beserta dokumentasinya diserahkan kepada Klien , Tim proyek dikumpulkan dan memberikan laporan kepada semua stakeholder yang menyatakan bahwa kegiatan proyek telah selesai dilaksanakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *