Jenis-Jenis Konsultan

Mengenal Berbagai Macam Pekerjaan Konsultan

Salah satu bidang profesi yang dianggap prestise oleh sebagian besar orang Indonesia adalah konsultan. Mengapa Mungkin karena seorang konsultan dianggap memiliki visi yang luas dan cerdas, memiliki peran penting dan tentu saja berpenghasilan tinggi. Kata konsultan berasal dari bahasa Latin, yaitu “berkonsultasi” yang berarti diskusi.

Saat ini, ada banyak jenis konsultan di setiap negara, tergantung pada bidang keahlian yang mereka kuasai. Di Indonesia sendiri, profesi ini mulai muncul pada tahun 90-an. Dan sejauh ini, ada berbagai jenis konsultan yang merupakan layanan konsultasi paling populer atau paling sering digunakan, termasuk:

Konsultan Politik

Profesi ini umumnya akan sangat berguna selama periode pemilihan, baik untuk pemilihan regional dan untuk presiden. Bahkan partai politik sudah mulai menggunakan konsultan politik lebih sering untuk memperkuat pengaruh mereka terhadap masyarakat. Politisi biasanya menuntut agar layanan konsultasi dipilih kembali sebagai legislator atau cara untuk melindungi posisi mereka dari pesaing mereka.

Untuk menjadi konsultan politik, Anda harus memahami politik Indonesia dan dinamika-dinamikanya agar dapat mengembangkan strategi yang menguntungkan klien. Anda juga harus dapat meyakinkan klien Anda bahwa Anda dapat memberikan layanan konsultasi yang baik, terlepas dari persaingan konsultan politik lainnya.

Konsultan Hukum

Konsultan hukum adalah orang-orang yang menyediakan layanan hukum dalam bentuk konsultasi. Profesi ini diakui dalam undang-undang n ° 18/2003. Konsultan hukum memberikan informasi tentang dunia hukum, termasuk solusi masalah dan informasi yang dapat membantu klien.

Meningkatnya jumlah kasus pengadilan di Indonesia membuat konsultan hukum ini semakin diperlukan. Penasihat hukum tidak memerlukan lisensi sebagai pengacara atau Lawyer. Namun, ia harus memiliki pengetahuan yang cukup untuk menyelesaikan konflik dan juga harus memiliki gelar sarjana hukum. Oh ya, dalam menyelesaikan masalah hukum, konsultan hukum hanya diperbolehkan memberi nasihat.

Konsultan SDM (Sumber Daya Manusia)

Selama perusahaan memiliki masalah personel (dan akan selalu demikian), konsultan dalam bidang ini akan mendapat manfaat dari jumlah klien korporat yang tak terbatas, besar dan kecil. (Program pencegahan masalah orang dapat mencakup mempelajari karyawan untuk bergaul dengan orang lain, menghormati dan bahkan mencegah kekerasan di tempat kerja.)

Hubungan masyarakat

Mendapatkan liputan pers yang baik untuk setiap organisasi adalah seni yang nyata. Ketika sebuah organisasi menemukan konsultan PR yang baik, ia tetap tinggal bersama mereka!

Konsultan Emisi, Penyuntin atau Penerbit

Jika Anda tertarik untuk menerbitkan, pelajari semua yang Anda bisa dan Anda juga bisa menjadi konsultan penyunting. Seorang konsultan penerbitan biasanya membantu bisnis baru ketika mereka siap meluncurkan surat kabar, majalah, buletin baru – dan bahkan situs web dan buletin elektronik.

Konsultan Pajak

Dengan rencana pemasaran dan penjualan yang baik (dan minat nyata dalam pajak), karier konsultan pajak Anda bisa sangat menguntungkan. Seorang penasihat pajak menyarankan perusahaan tentang metode hukum untuk membayar pajak seminimal mungkin.

Konsultan Area strategi dan perencanaan

Bain & Company, Boston Consulting Group (BCG) dan McKinsey & Company adalah perusahaan konsultan strategi utama atau konsultan strategi. Konsultan strategi biasanya menemani eksekutif senior, seperti direktur, komisaris, dan eksekutif perusahaan, ketika mereka mengeksplorasi masalah, memahami mereka, dan menghadapi tantangan strategis yang luas dari sebuah bisnis.

Konsultan strategi ini membantu manajer senior dan pemilik bisnis mengembangkan strategi jangka panjang untuk perusahaan. Beberapa hanya membuat rekomendasi dan membuat presentasi, yang lain perlu tetap terlibat dan mengawasi proses implementasi.

Kinsultan Domain Internet dan Pemrograman

E-consulting adalah konsultan yang mengelola masalah yang terkait dengan e-commerce dan B2B dalam skala besar. E-bisnis umumnya adalah bisnis online, sementara e-bisnis biasanya melibatkan transfer unit keuangan melalui media media atau Internet. Beberapa konsultan dalam bidang ini termasuk digitas, razorfish dan sapient. Mereka memiliki spesialisasi mulai dari desain front-end (pemrograman, desain grafis) hingga evaluasi, branding, pemasaran, layanan B2B, dll.

Lainnya

Charles River Associates (Konsultan Ekonomi dan Litigasi), L.E.K! Konsultasi (konsultan strategi bisnis, merger dan akuisisi) dan Marakon Associates (konsultan yang mengkhususkan diri dalam metodologi nilai pemegang saham) adalah beberapa konsultannya di bidang lain.