Konsultan Agronomi

Pertimbangkan Dan Ketahui Sebelum Memutuskan Gandeng Konsultan Agronomi

Bisnis dikatakan stabil ketika pendapatannya terus bertambah, dan asset berkembang. Termasuk membangun bisnis di bidang cocok tanam, baik di pertanian maupun perkebunan. Untuk itu inovasi perlu dilakukan agar kapasitas produksi makin bertambah, hingga keuntungan juga meningkat.

Namun meningkatkan kapasitas produksi tak bisa serta merta dilakukan. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Mulai dari luas area, metode hingga penanganan persoalan yang mungkin akan timbul. Selain itu bibit juga ikut menentukan keputusan meningkatkan kapasitas produksi bisa tercapai atau tidak. Setelah memeprtimbangkan itu semua, selanjutnya mempertimbangkan untuk menggandeng jasa konsultan agronomi.

Siapa Jasa Konsultan Agronomi?

Agronomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan tanaman dan tempat tanam di bidang pertanian dan perkebunan. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kapasitas produksi. Maka seorang ahli agronomi memiliki keahlian memiliki metode yang bisa meningkatkan produksi dengan cara memperbaiki penggunaan tanah. Biasanya seorang ahli agronom melakukan penelitian agronominya dengan rotasi tanaman, irigasi, drainase, hingga pengendalian gulma. 

Sekilas keahliannya memang cocok untuk membantu Anda mengembangkan bisnis pertanian. Namun sebagai pebisnis Anda perlu perthitungan yang tepat. Terlebih lagi menggunakan jasa konsultan agronomi menambah budget Anda. Semua harus diukur apakah tambahan modal yang keluar akan membawa peningkatan nilai pada bisnis Anda atau malah sebaliknya. Jika menurut Anda ahli agronom akan membantu untuk membuat bisnis pertanian lebih baik. Berikut tips memilih konsultan agronomi yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Pilih Konsultan Agronomi Sesuai Kebutuhan

Menggunakan jasa konsultan agronomi membutuhkan biaya. Untuk itu pastikan keberadaan mereka memiliki pengaruh pada usaha pertanian. Pilih dengan kemmapuan sesuai yang dibutuhkan. Jangan lupa tanyakan spesifik jasa yang ditawarkan sang konsultan. Anda bisa membuat daftar criteria konsultan agronom yang dibutuhkan. Kemudian pilih konsultan dengan reputasi terbaik. 

Pengetahuan Dan Jasa Yang Ditawarkan

Ketahui betul pengetahuan sang konsultan sebelum menerima kerjasama. Anda menginterview mereka. Selanjutnya Anda harus mengetahui jasa yang ditawarkan. Perhatikan betul apakah jasa yang anda perlukan seluruhnya termasuk dalam daftar ynag ditawrakan sang konsultan agronomi. Anda bisa bandingkan antara jasa dan biaya yang dikeluarkan untuk jasa konsultan tersebut. Apakah sesuai atau tidak. 

 Gunakan Kesepakatan Dengan Kontrak Resmi 

Jika jas akonsultan yang anda ajak kerjasama tentu sudah otomtis menggunakan kotak yang jelas karena di bawah payung institusi resmi seperti perusahaan. Namun jika yang datang pada Anda adalah perorangan. Maka pastikan sebelum kerjasama berjalan, ditandai dengan kontrak resmi hitam di atas putih. Kontrak tersebut setidaknya mencakup seperti di bawah ini. 

• Adanya peran kedua belah pihak. Agar tidak tumpang tindih saat di lapangan, kerjasama pun berjalan lebih maksimal.

• Ada poin tentang bagaimana pekerjaan diselesaikan, dan bagaimana konsultan agronomi melaporkan hasil kerjanya kepad Anda. 

• Pastika metode yang akan dipilih sang konsultan tidak menyebabkan datangnya penyakit dan hama untuk tanaman Anda. 

• Adanya kode etik yang disepakati antara kedua belah pihak. Termasuk tidak saling membeberkan informasi bisnis Anda ke khalayak ramai oleh konsultan.

• Sepakati metode pembayaran, pada layanan tambahan.

• Cara menyelesaikan jika di kemudian hari terdapat pembatalan kontrak

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *