Konsultan AMDAL

Ini Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Konsultan Amdal

Saat ingin membuka sebuah usaha, modal bukan satu-satunya yang harus Anda punya. Perizinan dalam membuka usaha juga tak kalah penting. Apalagi jika usaha yang akan Anda jalankan akan melibatkan dan berdampak pada lingkungan sekitar. Salah satu yang termasuk dalam dokumen izin usaha adalah dokumen analis dampak lingkungan (AMDAL).

Amdal merupakan kajian terkait usaha dan dampaknya terhadap lingkungan. Dokumen ini menjadi salah satu syarat  wajib ada ketika pengusaha mengajukan ijin usaha kepada pemerintah. Terutama bagi usaha yang berpotensi membawa perubahan signifikan di lingkungan sekitar usaha. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup nomor 5 tahun 2012 terdapat beberap usaha yang sebelum dijalankan membutuhkan dokumen yang disebut Amdal. Usaha tersebut diantaranya di bidang multisektor, pertahanan, pertanian, pertambangan ketenaganukliran, dan bidang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

Sebelum mengurusnya lebih jauh ada baiknya Anda juga mengetahui jenis-jenis Amdal, seperti berikut ini.

•   Amdal tunggal, merupakan dokumen Amdal untuk satu jenis usaha atau kegiatan yang di bina oleh satu instansi.

•   Amdal terpadu atau multisektor, adalah kajian terkait kegiatan usaha yang memberi dampak besar dan penting terhadap lingkungan dan melibatkan lebih dari satu instansi.

Dalam menyusun dokumen Amdal pun tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Berisi tentang dampak penting dan besar atas usaha kepada lingkungan sekitar, Anda perlu bantuan seseorang yang ahli di bidang tersebut.  Anda bisa menggandeng konsultan Amdal. Sebelum memutuskan memilih konsultan Amdal berikut hal-hal yang harus diperthatikan.

1. Pilih Jasa Konsultan Amdal Terpercaya

Sebagai pengusaha harus banyak pertimbangan. Dalam mengambil langkah pun tak bisa sembarangan. Saat memutuskan untuk membuat Amdal atas usaha Anda, maka memiliki konsultan Amdal yang kredibilitasnya terpercaya menjadi hal yang utama. Hal ini akan menentukan dokumen Amdal Anda sah atau tidak. Konsultan Amdal yang resmi dibuktikan adanya sertifikat resmi yang diberikan oleh pemerintah. Pastikan pemilik jasa tersertifikasi resmi oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan (KLHK). Bukan sembarang sertifikat. Sertifikat yang dimiliki pemilik jasa konsultan Amdal merupakan hasil dari keikutsertaan mereka dalam uji kompetensi yang diadakan oleh lembaga penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan penyusunan Amdal, serta lembaga sertifikasi kompetensi penyusun Amdal.

2. Memiliki Pengalaman

Tak bisa dipungkiri jasa konsultan berpengalaman ikut menentukan dokumen Amdal anda akurat atau tidak. Digunakan sebagai acuan pengambil keputusan atas kegiatan usaha, tentu dokumen Amdal harus dapat dipertanggungjawabkan. Anda bisa melihat profile lebih detail pada penyedia jasa penyusun dokumen Amdal, sebelum memutuskan bekerjasama. Jika Anda baru pertama kali mengurus dokumen ini, Anda bisa mengumpulkan inforasi sebanyak-banyaknay terlebih dahulu. Pada website resmi KLHK juga banyak dibagikan informasi terkait konsultan Amdal.

3. Pastikan Anda Memilih Konsultan Yang Tepat

Untuk memastikan penyedia konsultan Amdal yang dipilih benar-benar terpercaya. Anda bisa berkomunikasi langsung dengan penyusun Amdal. Hati-hati tak semua penyedia jasa konsultan lingkungan dapat menyusun laporan ijin lingkungan kompeten menyusun Amdal. Tak jarang konsultan lingkungan mengandalkan pihak ketiga jika diharuskan untuk menyusun dokumen tersebut. Jika sudah begini biaya pun makin membengkak.

4. Pilih Yang Lokasinya Paling Dekat

Dari semua penyedia jasa konsultan lingkungan, pilih yang terdekat untuk menyusun Amdal usaha Anda. Selain mudah untuk saling berkomunikasi lebih detail. Para pelaku penyusunnya tentu lebih mengenal karakter lingkungan usaha. Hasil pun lebih terpercaya. Dari segi efisiensi waktu dan biaya pun lebih terjangkau jika memilih penyedia jasa terdekat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *