Konsultan Pengadaan

Manfaat Konsultan Profesional Untuk Proyek Pengadaan Barang dan Jasa

Pengadaan barang dan jasa menjadi kegiatan rutin yang dilaksakan untuk menunjang aktivitas produksi, jasa, dan bidang pekerjaan lainnya. Pengadaan barang dan jasa biasanya dilakukan oleh pemerintahan yang ditujukan kepada pelaku usaha.

Barang dan jasa yang ditawarkan meliputi pengadaan alat untuk pekerjaan konstruksi, pengadaan jasa profesional, kendaraan, bahan bangunan, hingga barang-barang kecil seperti pendagaan kertas, alat tulis kantor, bahkan pengadaan tempat sampah sekali pun.

Nilai pengadaan barang dan jasa ini cukup besar, tak heran banyak pelaku usaha yang berlomba-lomba untuk memenangkan tender proyek pengadaan barang dan jasa. Namun mengikuti proyek seperti ini tidak lah semudah yang dibayangkan, anda harus melalui serangkaian persyaratan dan penawaran.

Jika penawaran yang anda lakukan tidak memenuhi syarat yang diberlakukan, maka usaha anda untuk terlibat dalam proyek pengadaan barang dan jasa akan sia-sia. Modal yang anda siapkan untuk proyek tersebut pun tidak digunakan secara tepat sasaran.

Untuk menghindari resiko seperti ini, sebaiknya anda menggunakan jasa pakar pengadaan barang dan jasa atau konsultan pengadaan profesional. Dalam sistem pengadaan barang dan jasa terdapat proses penunjukan langsung, yaitu sebuah metode legal yang hanya bisa didapatkan oleh penyedia barang dan jasa yang sudah terverifikasi secara resmi.

Para pelaku konsultan pengadaan biasanya memiliki izin resmi dan kualifikasi dalam proyek pengadaan barang dan jasa. Metode ini telah diatur lewat Peraturan Presiden (Perpres) nomor 16 tahun 2018 mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah. Peraturan ini diberlakukan untuk proyek yang memerlukan pengadaan di bidang penyediaan barang, pengerjaan konstruksi, dan jasa.

Berikut keuntungan yang bisa anda dapatkan dari sistem penunjukkan langsung yang ditawarkan oleh konsultan pengadaan:

–              E-Purchasing: Setiap barang atau jasa lebih mudah ditawarkan lewat sistem digital e-purchasing.

–              Pengadaan Langsung: Konsultan pengadaan profesional telah melalui serangkaian syarat yang bisa digunakan untuk sistem pengadaan langsung.

–              Penunjukan Langsung: Seperti yang telah dipaparkan di atas, bahwa jasa konsultan pengadaan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan penunjukkan langsung dari proyek pengadaan barang dan jasa.

–              Tender Cepat: Jika tidak mendapatkan penunjukkan langsung, konsultan pengadaan akan membantu anda melakukan tender yang disesuaikan dengan persyaratan dan kebutuhan barang dan jasa. Karena sudah mengantongi izin resmi, konsultan pengadaan akan lebih cepat melakukan tender

Jika anda bergerak di bidang jasa, konsultan pengadaan akan mempermudah anda untuk mengikuti proses seleksi bidang pengadaan jasa sesuai yang dibutuhkan oleh proyek pendagaadaan barang dan jasa. Untuk itu penyedia jasa harus mengikuti syarat berikut:

–              Memiliki Hak Cipta: Bagi anda yang bergerak di bidang jasa profesional, seperti jasa konsultan dan jasa pemasaran, anda wajib memiliki hak cipta dan sertifikat resmi agar bisa bergabung dalam proyek pengadaan barang dan jasa.

–              Mengikuti Tender: Seberapa pun hebatnya jasa yang anda tawarkan, anda tetap harus mengikuti penawaran tender secara resmi.

–              Memiliki Kualifikasi: Sebelum anda menawarkan jasa, anda harus memiliki kualifikasi sesuai yang dibutuhkan dalam setiap proyek pengadaan barang dan jasa.

Itu lah sejumlah syarat yang harus anda penuhi jika anda ingin terlibat dalam proyek pengadaan barang dan jasa dari pemerintah. Penunjukkan langsung akan menguntungkan anda, karena prosesnya lebih cepat.

Namun sistem ini kerap disalahgunakan oleh beberapa oknum yang ingin meraup keuntungan dari proyek pengadaan barang dan jasa yang anda tawarkan. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya anda menggunakan jasa konsultan pengadaan profesional yang memiliki kualifikasi dan status hukum yang resmi sebelum menawarkan pengadaan barang maupun jasa.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *