Konsultan Keuangan

Ini Peran Utama Konsultan Keuangan Dalam Kinerja Perusahaan

Sebuah perusahaan yang sehat tidak bisa dilihat dari sisi luarnya saja.Kantor yang bagus, pegawai yang banyak tidak bisa dijadikan ukuran apakah sebuah perusahaan tersebut berjalan dengan baik atau diambang kebangkrutan.

Kita baru saja menyaksikan berita yang viral baru-baru ini tentang betapa bobroknya perusahaan maskapai kelas wahid Garuda.Tak hanya dipimpin oleh orang yang tidak tepat, keuangan Garuda Indonesia juga berantakan.

Dalam berbisnis, provit sudah pasti menjadi tujuan utama.Maka dari itu, anda harus memiliki analisa kinerja keuangan untuk memastikan kondisi keuangan perusahaan anda.Sebagai pengusaha tentunya anda menginginkan setiap bisnis yang anda jalankan menghasilkan keuntungan yang berkalilipat, untuk itu sebaiknya anda melakukan kerjasama dengan ahli ekonomi yang mampu menganalisa kinerja keuangan.

Para profesional seperti konsultan keuangan, akan membantu anda mengukur performa keuangan lengkap dengan laporan laba rugi beserta potensi keuntungan yang bisa dihasilkan dari produk yang anda jual.

Ada beberapa faktor yang harus anda perhatikan dalam mengukur kinerja keungan perusahaan, antara lain:

  • Penjualan Bersih: Disebut juga sebagai laba bersih atau keuntungan dari seluruh penjualan yang dihasilkan perusahaan.
  • Harga Pokok Penjualan: Merupakan harga dasar yang sudah dihitung dengan keutungan yang diterapkan pada produk yang dijual.
  • Laba Kotor: Hasil dari seluruh penjualan produk, yang belum dipotong dengan biaya operasional dan presentase keuntungan bersih.
  • Laba Sebelum Pajak (EBT): Sebagai pengusaha yang baik tentunya anda harus taat membayar pajak, maka dari itu anda harus menghitung jumlah laba yang dihasilkan sebelum pajak.
  • Laba Setelah Pajak: Sisa jumlah keuntungan yang dihasilkan setelah membayar pajak usaha.

Dalam Menyiapkan segala aspek keuangan perusahaan seperti yang disebutkan di atas memang tidak lah mudah.Maka dari itu sebaiknya anda menggunakan jasa konsultan keuangan profesional. Para konsultan keuangan akan membantu anda dalam menentukan rasio profitabilitas bisnis yang anda jalankan, antara lain:

  • Gross Profit Margin: Semakin tinggi profitabilitas yang dihasilkan gross profit margin berarti usaha yang anda jalankan memiliki kinerja keuangan yang baik.
  • Net Profit Margin: Net profit margin digunakan untuk mengukur tingkat pengeluaran terhadap hasil penjualan. apabila net profit margin mengalami pernurunan, berarti biaya operasional yang anda keluarkan lebih besar dibandingkan dengan peningkatan penjualan.
  • Return of Investment (ROI): Seorang konsultan keuangan yang profesional tentunya akan berfokus pada ROI. ROI merupakan istilah yang digunakan untuk mengukur tingkat keuntungan yang dihasilkan dari biaya promosi atau pemasaran yang dikeluarkan.

Para ahli ekonomi tentu akan berfokus pada ROI yang lebih tinggi, sehingga biaya yang anda keluarkan untuk pemasaran akan berbalas lewat keuntungan yang berkalilipat.

  • Catatan Keuangan: Untuk mengetahui perfoma penjualan, diperlukan catatan kinerja keuangan dalam sebuah sistem yang lengkap dan mudah difahami.

Catatan keuangan yang baik biasanya tersusun sangat lengkap dan terstruktur, sehingga anda lebih mudah memantau apakah perusahaan anda profit atau tidak dari catatan keuangan ini. Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan saat bekerjasama dengan konsultan keuangan.Memanfaatkan jasa konsultan keuangan membantu anda untuk memantau kinerja perusahaan yang anda jalankan, sehingga anda lebih mudah mengambil keputusan untuk memperbaiki kinerja bisnis yang anda jalankan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *