Konsultan Grafologi

Ungkap Potensi dan Masa Depan Perusahaan Anda Dengan Konsultan Grafologis

Bagi anda yang menjalankan bisnis, perusahaan, atau apa pun yang berhubungan dengan sumber daya manusia (SDM), tentunya menginginkan SDM yang berkualitas. Salah satu cara untuk mengukur kualitas SDM yang anda miliki adalah melalui tes psikologi (psikotes).

Biasanya psikotes dilakukan dengan memberi serangkaian pertanyaan kepada SDM dalam hal ini karyawan yang bekerja di perusahaan anda. Tes ini bertujuan untuk mengukur tingkat kompetensi setiap karyawan, guna memastikan bahwa setiap SDM yang dipekerjakan adalah orang yang tepat dan akan memajukan perusahaan.

Salah satu prikotes yang efektif saat ini adalah grafologi.

Apa itu Grafologi

Grafologi adalah tes psikologi yang bertujuan mendapatkan gambaran kepribadian seseorang melalui tulisan tangan.Pada umumnya, grafologi ini digunakan untuk keperluan rekrutmen perusahaan, seleksi karyawan, dan penjurusan kuliah.

Jumlah ahli grafologi yang menjadi konsultan grafologi profesional di Indonesia memang sangat terbatas jumlahnya.Namun seiring perkembangannya, konsultan grafologi membantu perusahaan atau lembaga tertentu dalam menentukan SDM yang tepat.

Berikut alasan kenapa anda memerlukan konsultan grafologi:

  • Melihat Potensi SDM

Grafologi akan memberikan gambaran tentang karakter yang dimiliki seseorang, meliputi kelebihan dan kekurangannya, juga potensi yang bisa dikembangkan oleh seseorang.

  • Mengarahkan Minat dan Bakat

Dengan gambaran kepribadian ini, anda bisa mengarahkan seseorang untuk mengembangkan diri sesuai minat dan bakat yang dimilikinya.Hal ini berguna dalam mengarahkan seorang siswa dalam memilih jurusan kuliah dan bidang studi sesuai keberminatannya.

  • Membantu Proses Rekrutmen

Lewat grafologi, pemilik perusahaan lebih mudah memahami karakter setiap pegawai nya. Dengan gambaran itu, perusahaan akan lebih mudah untuk memberikan rekomendasi terbaik kepada setiap pegawainya, misalnya dalam proses rekrutmen pegawai baru.

  • Mengetahui Keaslian Dokumen

Salah satu ilmu grafologi, grafonomi ditujukan untuk mengataui otentifikasi atau kaslian tulisan tangan dan tanda tangan.Grafonomi bisa digunakan dalam memeriksa keaslian dokumen agar memiliki kekuatan hukum yang jelas.Dengan grafonomi, potensi kecurangan seperti pemalsuan dokumen dapat dihindari.

  • Membantu Proses Belajar Anak

Grafologi ternyata bisa digunakan untuk membantu anak-anak yang kesulitan belajar.

Proses ini dinamakan graphoteraphy. Melalui terapi ini, anak-anak lebih mudah memahami pelajaran yang diterimanya, sehingga lebih mudah menentukan sikap, menggali potensi, dan mengetahui minat dan bakatnya yang berguna untuk masa depannya di kemudian hari.

Misalnya saat anak itu lulus dan ingin melanjutkan kuliahnya. Anak yang sudah diterapi akan lebih mudah mengambil keputusan dan memilih jurusan yang disukainya.

Behaviour Assesor

Seorang konsultan grafologi juga bisa menjadi behavior assessor, atau orang yang menilai perilaku seseorang ketika diberikan tugas atau pekerjaan.

Behavior assessor akan melihat perilaku seseorang melalui tiga faktor, yaitu dari tulisan tangan, potensi dasar seseorang, dan melihat reaksi seseorang tersebut saat berada di bawah tekanan.

Reaksi tersebut memerlihatkan bagaimana seseorang itu menghadapi masalah dan mengetahui pekerjaan yang cocok untuknya.

Grafologi Untuk Kepentingan Hukum

Selain untuk mengetahui keaslian dokumen melalui grafonomi, grafologi juga dapat digunakan untuk membantu polisi mengungkap tindakan kriminal. Di Amerika Serikat, grafologi digunakan oleh tim forensik untuk menganalisa jejak berupa tulisan gambar bahkan coretan kecil yang ditinggalkan seseorang di TKP.

Di perusahaan, anda bisa menggunakan konsultan grafologi untuk melacak pegawai yang diduga melakukan korupsi atau mencuri barang berharga. Seorang konsultan grafologi akan menganalisa sifat, kejujuran, hingga mood yang dialami setiap pegawai di sebuah perusahaan lewat tulisan tangan mereka.

Konsultan grafologi akan membaca tingkat kekhawatiran dan kecemasan seseorang melalui tulisan tangan tersebut. Seseorang dengan tingkat kecemasan tinggi, akan diuji tingkat kejujurannya. Biasanya seseorang yang cemas tersebut ingin menutupi sesuatu yang telah dilakukannya di dalam perusahaan, bisa jadi melakukan tindak korupsi, mencuri, atau perselingkuhan di dalam perusahaan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *