Kredit Macet, Apa Saja Jalan Keluar atau Solusinya? Penundaan Cicilan, Negosiasi, Restrukturisasi Hutang

Anda memerlukan jalan keluar kredit macet sebagai efek dari pandemi covid-19? Seperti yang telah Anda ketahui bahwa pandemi covid-19 telah menjadi pukulan tersendiri bagi perekonomian Indonesia. Akibatnya, Anda mengalami kesulitan dalam membayar cicilan pada pihak bank.

Alhasil yang terjadi adalah kredit macet yang tentunya akan merugikan tidak hanya pihak bank melainkan juga Anda. Anda akan merasakan kerugian berupa denda atau kesulitan dalam peminjaman dana pada kemudian hari. Jadi, jangan biarkan kredit Anda macet.

Kredit macet atau istilah bergensinya NPL (Non Performing Loan) merupakan suatu keadaan di mana seorang nasabah gagal untuk membayar pinjaman. Oleh karena itu, Anda harus menanggung kewajiban yang cukup berat seperti yang telah dibahas sebelumnya.

Histori kegagalan ini selanjutnya akan tercatat dalam sistem sehingga seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda kesulitan jika akan meminjam dana lagi. Sementara itu, kegiatan usaha bank juga akan tersendat mengingat sumber dana bank adalah uang masyarakat. Jadi, Anda memerlukan jalan keluar untuk kredit macet berikut ini.

Penundaan Cicilan

Penundaan cicilan yang menjadi salah satu kebijakan relaksasi kredit Presiden Joko Widodo menjadi jalan keluar kredit macet yang pertama. Kebijakan ini ditujukan bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah dan tenaga kerja informal sehingga disambut baik oleh masyarakat.

Kebijakan ini diberlakukan sebagai bentuk bantuan pemerintah atas dampak dari pandemi covid-19. Relaksasi kredit sendiri juga mencakup penurunan bunga. Penundaan cicilan ini bisa mencapai satu tahun. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui kebijakan ini bisa saja malah merugikan pihak bank sendiri.

Akan tetapi, tetap saja pelaku UMKM serta tenaga kerja informal bisa mendapat keuntungan dari kebijakan ini berupa keringanan dalam pembayaran cicilan. Anda bahkan tidak perlu untuk datang langsung ke bank, cukup tunggu dan ikuti pengumumannya.

Negosiasi

Jalan keluar kredit macet yang kedua adalah negosiasi. Cara ini sebenarnya merupakan cara paling awal yang bisa Anda lakukan karena yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi pihak bank tempat Anda melakukan kredit untuk melakukan negosiasi.

Anda perlu memberitahukan bagaimana kondisi Anda serta alasan yang masuk akan yang dapat diterima oleh pihak bank. Dengan melakukan negosiasi dengan pihak bank tersebut diharapkan Anda mampu untuk menemukan jalan keluar yang tepat.

Pastikan Anda menunjukkan iktikad baik. Tunjukkan dengan datang langsung ke bank dan utarakan alasan Anda dengan baik sehingga Anda dapat dinilai lebih bertanggung jawab karena dan pihak bank pasti akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat.

Restrukturisasi Hutang

Ketiga, restrukturisasi kredit sebagai jalan keluar kredit macet. yang dimaksud dengan restrukturisasi adalah usaha perbaikan yang dilakukan dari pihak bank maupun dari Anda yang sedang mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajiban pada pihak bank. Kewajiban yang dimaksud mencakup pembayaran hutang pokok maupun bunga dari hutang pokok tersebut.

Dalam hal ini tentu saja pihak sangat ingin mencari jalan keluar kredit macet yang Anda alami. Usaha perbaikan secara bersamaan ini dilakukan oleh pihak bank dengan jalan mengamati secara seksama diri Anda dengan tujuan usaha Anda kembali sehat dan berkualitas.

Dengan begitu, Anda mampu memenuhi kewajiban Anda pada pihak bank serta mampu membayar pajak pada negara. Jadi, apabila Anda menemui kesulitan dalam memenuhi kewajiban Anda terhadap bank akibat dari dampak pandemi covid-19, jangan langsung panik.

Jangan sampai Anda melakukan hal-hal yang tidak seharusnya karena sebelum kredit macet semakin menjadi-jadi terdapat solusi-solusi yang bisa Anda terapkan seperti Penundaan Cicilan, Negosiasi, Restrukturisasi Hutang. Dengan tiga jalan keluar kredit macet tersebut diharapkan dapat menjadi solusi terbaik.

Jika anda membutuhkan Konsultan Keuangan untuk Perusahaan anda

Bisa langsung hubungi kami, Info Lebih Lanjut

Whatsapp/Call : 0822-1111-6200

Instagram        : @Konsultan.Indonesia

Facebook         : KonsultanIndonesiaa

Atau Via Website kamiwww.konsultanindonesia.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *