Solusi Cash Flow Seret atau Macet Bisnis UKM yang Lagi Sepi

Mencari solusi cash flow seret? Jika mengalaminya, Anda wajib mencari jalan keluarnya. Cash flow yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti arus kas merupakan laporan keuangan yang isinya mengenai kenaikan dan penurunan bersih kas dalam satu periode.

Tidak hanya itu, cash flow juga berisikan tentang pengaruh kas pada kegiatan operasi serta transaksi investasi dan pendanaan. Agar para pelaku UKM mampu melewati krisis yang terjadi akibat pandemi ini perlu diperhatikan kestabilan cash slow itu sendiri.

Cash flow sendiri menjadi salah satu hal terpenting yang perlu Anda perhatikan sebagai pelaku usaha yang sedang berkembang. Jadi bagaimana jika arus kas tersebut tersendat? Berikut ini beberapa jalan keluar jika cash flow sedang seret.

Syarat Pengajuan Kredit yang Ketat

Syarat pengajuan kredit yang diperketat bisa menjadi solusi cash flow seret sebelum mereka menggunakan fasilitas. Dengan begitu, Anda bisa lebih terhindar dari kemungkinan kredit macet. Anda bisa mulai dengan mencari tahu secara detail mengenai kemampuan membayar cicilan pelanggan tersebut.

Untuk pelanggan yang sedang kredit, pastikan Anda menggunakan pengingat untuk pelanggan melunasi hutangnya. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa piutang yang tidak segera ditagih, pada akhirnya akan membuat cash flow Anda seret di tengah jalan. Anda dapat memberi penghargaan pada pelanggan yang membayar sebelum jatuh tempo.

Penjualan Produk yang Meningkat

Solusi cash flow seret lain yang tak kalah efektif untuk dilakukan adalah kondisi keuangan yang harus disegarkan kembali. Anda dapat melakukannya dengan memperoleh pelanggan baru serta mampu menawarkan produk baru pada pelanggan lama.

Anda juga dapat melakukan pemasaran via online. Hal ini tentunya tidak terlepas dari potensi promosi yang lebih luas dengan menggunakan internet. Anda juga dapat meningkatkan penjualan produk dengan juga meningkatkan kualitas pelayanan Anda.

Meskipun produk Anda murah dan berkualitas, pelanggan Anda tidak akan puas jika pelayanan yang Anda berikan buruk. Pelanggan yang kecewa tidak akan berbelanja pada Anda dan alhasil usaha Anda akan tercoreng karena kekecewaan pelanggan meluas dengan cepat dari bibir ke bibir.

Tekan Biaya yang Tidak Perlu

Sebagai seorang pemilik UKM, Anda wajib tahu dengan pasti berapa biaya produksi dari perusahaan Anda. Biaya produksi yang dimaksud tentunya biaya yang dibutuhkan dalam proses produksi Anda secara keseluruhan dengan tidak mengesampingkan kualitas produk Anda.

Dengan mengetahui biaya produksi Anda, Anda mampu melakukan solusi cash flow seret yang keempat yaitu menekan biaya yang tidak perlu. Bagaimana caranya? Anda dapat memulainya dengan membeli bahan baku sesuai yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda dapat melakukan perawatan terhadap peralatan produksi

Dibanding harus membeli baru lagi karena dengan merawatnya kemungkinan untuk peralatan Anda menjadi rusak lebih kecil. Anda harus bijak dan mampu mengenali biaya-biaya mendesak apa saja yang perlu dikeluarkan, jadi Anda bisa menemukan solusi cash flow seret.

Jangan terlalu Banyak Menumpuk Stok Barang

Apakah Anda tahu jika cash flow perusahaan dapat terganggu oleh stok yang hanya mendekam di gudang? Mengapa? Tentu saja karena hal ini mengganggu arus masuk. Di satu sisi biaya operasional terus berjalan namun arus masuk terhambat.

Terlebih lagi jika stok yang terus disimpan tersebut akhirnya rusak. Hal tersebut tentunya akan menjadikan Anda mengalami kerugian. Apabila mengingat pentingnya memperhatikan cash flow, sebagai pelaku UKM, Anda tentunya tidak mau menyepelekannya, bukan?

Apabila benar terjadi, maka cash flow Anda mungkin saja terhambat. Akan tetapi, belum terlambat untuk memperbaiki kondisi keuangan Anda yang semakin seret karena terdapat empat solusi cash flow seret yang dapat membantu Anda di atas.

Jika anda membutuhkan Konsultan Keuangan untuk mengantur Cash Flow anda!!

Segera Hubungi Kami, Info lebih lanjut :

Whatsapp/ Call            : 0822-1111-6200

Facebook                     : KonsultanIndonesiaa

Instagram                    : @Konsultan.Indonesia

Atau bisa hubungi kami lewat website : www.konsultanindonesia.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *