Tutup atau Jual Bisnis di saat Corona, Mana yang Terbaik?

Anda mungkin bertanya-tanya mengenai apakah memungkinkan buka bisnis di saat corona. Jawabannya tentu saja memungkinkan. Walaupun masih belum ada kepastian kapan pandemi covid-19 ini berakhir, kemungkinan untuk berbisnis masihlah ada. Bukan lagi secara parsial, melainkan secara keseluruhan perilaku bisnis berubah akibat adanya pandemi ini.

Anda dapat melihat langsung buktinya mulai dari proses yang terjadi dalam rantai pemasokan serta strategi dalam pemasaran. Aset-aset lain seperti tenaga kerja juga tercakup di dalamnya. Jadi, tidak heran jika pada akhirnya, virus corona tetap mengganggu keberjalanan bisnis. Hal inilah yang membuat kebanyakan orang berada di dalam kebimbangan.

Kebimbangan apa yang dirasakan oleh para pelaku bisnis saat ini? Karena kondisi pasar yang tidak menentu, maka tidak heran jika mereka bingung, apakah harus menutup bisnisnya atau buka bisnis di saat corona. Kedua pilihan ini tentu memberikan konsekuensi yang berbeda dan sebelum memutuskan penting untuk menelaahnya lebih jauh.

Konsekuensi Menutup Bisnis saat Pandemi

Bagi Anda yang memiliki bisnis pasti sedang merasakan perbedaan yang signifikan terhadap kondisi pasar karena banyak hal yang terjadi di tengah pandemi covid-19 yang sedang Anda hadapi ini. Keterbatasan masyarakat dalam beraktivitas di luar rumah membuat banyak bisnis yang terpaksa tutup karena pengeluaran yang lebih besar dibanding pendapatan dari bisnis tersebut.

Ketika Anda ingin menutup bisnis di masa pandemi ini, maka Anda harus tahu konsekuensi apa yang akan dihadapi. Misalnya saja, bisnis yang Anda jalankan merupakan satu-satunya sumber pendapatan dalam hidup. Apabila bisnis terpaksa harus tutup, maka Anda tidak memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Buka bisnis di saat corona memang tidak selamanya menjadi solusi terbaik. Terkadang, menutup bisnis juga bisa dijadikan pilihan apabila pengeluaran justru lebih besar dari pemasukan. Apabila kondisi ini terus terjadi, bisa-bisa Anda mengalami kerugian yang lebih banyak lagi. Padahal, pendapatan Anda sendiri belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda memilih untuk menutup bisnis yang merupakan satu-satunya sumber penghasilan ini, maka solusi yang bisa dilakukan adalah mencari pekerjaan lain yang sekiranya bisa dilakukan dan memiliki kondisi pasar yang bagus di masa pandemi seperti ini, seperti buka bisnis di saat corona dengan berjualan secara online, baik pakaian, makanan, dan lainnya.

Konsekuensi Membuka Bisnis saat Pandemi

Seperti yang sudah Kami bahas sebelumnya, bahwa pandemi covid-19 yang tengah Anda hadapi saat ini memang berpengaruh terhadap kondisi pasar secara nasional. Bagi Anda yang memiliki sebuah bisnis, pasti sedang mengalami kebimbangan untuk melanjutkan bisnis atau menutupnya. Beberapa pebisnis memilih tetap melanjutkan bisnis karena tidak ada pekerjaan lainnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk buka bisnis di saat corona, Anda juga harus melihat bagaimana kondisi pasarnya. Apabila masih memungkinkan untuk berjualan, tidak ada salahnya Anda mengembangkan sayap dengan menyediakan layanan online. Sekarang ini, berjualan secara online menjadi sumber penghasilan yang efektif untuk dilakukan

Namun, pendapatan pasti akan berkurang dibanding biasanya, apalagi bagi Anda yang berjualan pakaian atau di luar kebutuhan pangan, karenanya banyak di antara Anda yang masih kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Oleh sebab itu, Anda harus mencari strategi baru untuk tetap melanjutkan bisnis, seperti menyediakan layanan antar, memberikan diskon dan lainnya.

Meskipun pandemi corona yang tengah melanda memberi banyak dampak negatif, terutama pada keberlangsungan berbagai bisnis, bukan berarti Anda harus berhenti. Akan tetapi, perlu diingat untuk tidak melakukan monopoli di tengah peluang bisnis yang ada karena dengan begitu Anda dapat buka bisnis di saat corona tanpa merugikan siapa pun.

Jika anda membutuhkan Konsultan Bisnis , Info lebih lanjut
Hubungi Kami :
Whatsapp/Call : 0822-1111-6200

Facebook         : Konsultanindonesiaa

Instagram        : @Konsultan.Indonesia
Website           : www.konsultanindonesia.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *