Mengapa Perlu Jasa Konsultan ??

Zaman now itu era milenial. Ciri terpenting zaman now adalah; cepat dan mudah. Jadi bisnis apa saja, kalo gak cepat dan gak mudah pasti akan “ditinggalin” orang, cepat atau lambat. Jangankan perusahaan atau bisnis, anak zaman now saja semuanya pengen cepat dan mudah. Mereka gak suka sama yang lama dan sulit. Ibaratnya, mending gak usah pacaran, nanti saja kalo ketemu yang cocok langsung nikah. Jadi bisnis apapun zaman now harus “cepat dan mudah”.

Memilih konsultan yang berkualitas bukan suatu tugas yang mudah. Pentingnya mengambil pilihan dan keputusan yang bijak, baik itu lewat top management atau bahkan owner, akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas proses bisnis di perusahaan atau organisasi Anda.

Mengapa perusahaan atau organisasi membutuhkan jasa konsultan?

Sebagian organisasi menyadari bahwa mereka tidak mempunyai keahlian, waktu, pengalaman, atau objektivitas untuk melakukan pekerjaan tanpa bantuan dari luar.

Alasan dasar mengapa perusahaan membutuhkan jasa konsultan:

  • Keahlian

Salah satu alasan paling umum untuk menggunakan jasa konsultan adalah ketika Anda membutuhkan keahlian yang tidak ada di dalam organisasi Anda. Meskipun karyawan Anda mungkin telah dilatih dengan persyaratan sistem manajemen yang dipilih (misalnya, ISO 9001: 2008), mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan yang mendalam yang dibutuhkan untuk membangun sistem manajemen sendiri.

  • Waktu

Bahkan jika organisasi Anda mempunyai keahlian, Anda tidak dapat memilih orang yang tepat karena tuntutan bisnis lainnya. Mungkin juga orang yang dimaksud sibuk untuk menyelesaikan tugas-tugas perusahaan.

Memilih menggunakan jasa konsultan dapat membantu perusahaan memecahkan masalah seperti masalah waktu ini. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa konsultan dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan jangka waktu lebih cepat dari karyawan Anda sendiri. Pengalaman mereka dengan pekerjaan wajib untuk Anda hargai.

Bila Anda mengandalkan jasa konsultan untuk melengkapi sumber daya Anda sendiri, pelatihan harus dilakukan untuk memastikan transfer pengetahuan berlangsung dan organisasi Anda menjadi mandiri.

  • Pengalaman

Seorang konsultan yang telah bekerja dengan banyak organisasi dapat memperoleh banyak pengalaman dalam perencanaan, pengembangan, dan penerapan sistem. Jika staf Anda belum terlibat dalam kegiatan ini, pengalaman konsultan dapat membantu staf Anda. Keputusan yang diambil oleh staf bisa saja adalah keputusan yang salah. Menggunakan jasa konsultan yang berpengalaman meningkatkan peluang dalam menyukseskan proyek di perusahaan Anda.

  • Biaya

Konsultan mempunyai reputasi yang ‘mahal’. Jika Anda membandingkan tarif per jam konsultan dengan staf di perusahaan Anda, mudah untuk melihat bagaimana kesan ini terbentuk. Namun, biaya konsultan tidak hanya mencakup gaji, tetapi juga manfaat dan biaya lain yang tersembunyi bagi dan untuk perusahaan Anda.

Lalu, kapan suatu perusahaan butuh jasa konsultan?

Ada banyak jawaban yang patut dipertimbangkan. Misalnya, bisnis Anda seperti “berjalan di tempat”, dari dulu begitu-begitu saja. Atau setidaknya dalam 2 s.d. 5 tahun terakhir tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan. Konsultan juga diperlukan apabila perusahaan Anda ingin melakukan penetrasi pasar yang lebih agresif sehingga bisa memperbesar “market value”. Atau bisa juga konsultan diperlukan bila di perusahaan Anda segala sesuatunya, seperti: business process, sistem IT, atau sistem kerja sudah tidak fleksibel.

Maka ketika perusahaan Anda mengalami beberapa ciri sebagai berikut: prosesnya lambat, menyulitkan nasabah, produksi/penjualan menurun, motivasi staf melemah, budaya kerja tidak sehat, perusahaan semakin berat mencari bentuk terbaik, dan akhirnya tidak lagi “kompetitif” di market. Keadaan itu dipastikan, perusahaan Anda butuh bantuan konsultan.  

Jadi intinya, konsultan membantu perusahaan Anda untuk menemukan solusi agar lebih kompetitif, lebih sesuai dengan ekspektasi nasabah. Menjadikan perusahaan Anada lebih cepat bukan lambat, lebih mudah bukan sulit. Itulah yang dilakukan konsultan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *