Apa itu Konsultan Bisnis ??

APA ITU KONSULTAN BISNIS ATAU BUSINESS CONSULTANT ??

Business Consultant atau yang sering disebut dengan bisnis konsultan sebenarnya merupakan salah satu bisnis yang dijalankan oleh banyak profesional. Business Consultant menjadi pilihan karir yang paling diminati karena selain gengsinya yang tinggi, pendapatannya juga ditaksir cukup lumayan, belum lagi waktu yang dibutuhkan pun bisa difleksibelkan.

Kebutuhan akan seorang bisnis konsultan merupakan hal yang penting bagi seorang pengusaha, baik pengusaha yang baru merintis usaha, maupun yang sudah berpengalaman.

Seorang pengusaha muda butuh masukan dan koreksi untuk bisa mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Dengan masukan dari soerang konsultan, ia dapat memperbaiki apa saja yang kurang dari usahanya.

Begitu juga dengan pebisnis yang berpengalaman. Ia pun membutuhkan point of view yang berbeda dari seorang konsultan untuk menemukan celah perkembangan bisnisnya. Dari itu ia dapat menggali potensi yang masih bisa dikembangkan.

TUGAS SEORANG KONSULTAN BISNIS

  1. Memberikan jasa konsultasi kepada suatu organisasi/lembaga/perusahaan setelah mempelajari bisnis secara menyeluruh dan meneliti secara detail data dari kliennya tersebut
  2. Mengidentifikasi masalah-masalah yang ada, baik pada perusahaan yang sudah berkembang maupun perusahaan yang baru saja dirintis, lalu mengevaluasi kekurangan dan kelebihan bisnis si klien
  3. Memberikan solusi atas masalah-masalah yang telah diidentifikasi sebelumnya
  4. Membuat perencanaan bisnis dan mampu melihat berbagai peluang yang ada agar bisa memenuhi target yang diinginkan klien
  5. Aktif menjalin komunikasi yang baik pada semua klien agar mampu tetap memberikan informasi yang relevan untuk kemajuan bisnis tersebut

PERAN KONSULTAN BISNIS

1. Mendeteksi Masalah

Tugas pertama seorang business consultant adalah mendeteksi masalah yang ada dalam sebuah perusahaan. Baik masalah yang sedang dialami ataupun masalah yang akan muncul kedepannya.

Seorang business consultant memiliki pengetahuan menjalankan bisnis secara keseluruhan, memahami detil seluk beluk setiap operasi pada bidang bisnis yang dia dalami. Jika terjadi sesuatu yang tidak normal, seorang business consultant akan dengan gampang mendeteksi.

Akan menjadi poin tambahan jika seorang business consultant juga memiliki pengalaman yang cukup lama dalam menjalankan bisnis. Nasihat yang diberikan bukan hanya berdasarkan teori, tetapi juga bersifat praktikal.

2. Membantu Perencanaan Bisnis

Selain memberikan arahan atau nasehat untuk menyelesaikan masalah, seorang business consultant juga bisa membantu perencanaan bisnis sebuah perusahaan.

Perencanaan ini mencakup banyak hal seperti, untuk meningkatkan efisiensi sistem operasional, meminimalisir resiko kegagalan, menganalisa kompetisi di pasar hingga menyusun strategi marketing dan sales yang lebih efektif.

Di tahap sebelumnya Anda diberikan obat agar sembuh dari penyakit. Di tahap ini Anda diberikan cara atau program agar menjadi lebih sehat.

3.Network Yang Besar

Manfaat yang ketiga ini sering dilewatkan oleh para pemilik bisnis. Padahal jika dimanfaatkan dengan baik, bisa saja mempercepat pencapaian gol yang dituju.

Dalam menjalankan perencanaan bisnis yang telah diberikan oleh business consultant, sering sekali kita membutuhkan sumber daya yang belum kita miliki.

Seorang business consultant yang telah menangani begitu banyak client terkadang bisa mempertemukan client-clientnya jika bisa membentuk suatu kerjasama yang saling menguntungkan. Win-win solution.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *