Perbedaan Digital Marketing dan Online Marketing

Apa itu digital marketing?

Sesuai dengan judul artikel ini (yang mencoba untuk membahas secara holistik dan mendasar), memang alangkah lebih baiknya jika kamu memahami terlebih dahulu tentang pengertian dasar digital marketing. Untuk menjawab pertanyaan, “apa itu digital marketing?”, berikut informasi yang perlu kamu ketahui.

Definisi digital marketing

Ada banyak sekali definisi yang menjelaskan tentang digital marketing.  menuliskan, “Digital marketing adalah pemasaran yang menggunakan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin pencari (search engine), dan platform lainnya untuk menjangkau konsumen.”

Definisi digital marketing selanjutnya ialah dari  yang menjelaskan, “Digital marketing adalah bentuk dari marketing yang berlangsung secara online yang diakses melalui perangkat elektronik atau internet untuk menghubungkan bisnis dengan potensial konsumen.”

Dari kedua definisi tersebut dapat kita rangkum bahwa digital marketing adalah segala usaha pemasaran yang dilakukan perusahaan melalui media digital atau online untuk menyasar target konsumen yang diharapkan.

b. Perbedaan digital marketing dengan online marketing

Digital marketing dan online marketing sering dianggap istilah yang sama sekaligus membingungkan bagi sebagian banyak orang. Lalu, apakah kedua istilah tersebut memang berbeda atau sama saja? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya.

1. Digital marketing

Digital marketing sering dikatakan sebagai induk atau payung istilah untuk beberapa nama lainnya seperti online marketing, e-marketing, dan web marketing. Untuk definisi dari digital marketing itu sendiri sebenarnya sederhana yakni, mengacu pada platform digital dan perangkat yang digunakan (baik itu berhubungan dengan online atau tidak). Dengan kata lain, digital marketing tidak terbatas pada penggunaan internet saja.

Contoh: Misal kamu menjalankan mobile campaign dan mengirimkan notifikasi via SMS ke user/konsumen. Ini termasuk dalam bagian digital marketing karena user/konsumen tidak perlu memiliki koneksi internet untuk menerima atau membuka SMS tersebut.

2. Online marketing

Online marketing (sebagian yang lain menyebutnya internet marketing) adalah bagian dari digital marketing seperti penjelasan di atas. Nah, ciri utama dari online marketing ini adalah mensyaratkan penggunanya terhubung dengan koneksi internet atau online.

Contoh: Misal kamu menjalankan Google Display Campaigns dengan format banner atau video, pengguna diharuskan terhubung dengan koneksi internet untuk bisa melihat iklan tersebut.

Jenis Jenis Digital Marketing

Digital marketing terdiri dari 4 bagian, yaitu SEM (Search Engine Marketing), Content Marketing, Social Media Marketing, dan Email Marketing. Berikut penjelasan masing-masing bagiannya:

1. SEM (Search Engine Marketing)

SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi optimalisasi mesin pencari untuk membuat website mudah ditemukan dan mendapatkan posisi yang lebih baik pada mesin pencari, seperti Google.

SEM dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu SEO dan SEA.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang berarti strategi mengoptimalisasi mesin pencari yang dilakukan secara organik (gratis) agar website kamu mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian.

SEO dapat kamu lakukan dalam website (SEO on Page) dan diluar website (SEO off Page).

2. Content Marketing

Content marketing adalah pemasaran online yang berfokus dalam merencanakan, membuat dan mendistribusikan konten yang relevan, konsisten, dan mampu menarik perhatian banyak orang (pembaca) sehingga membuat mereka tertarik menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

3. Social Media Marketing

Social media marketing adalah pemasaran online yang dilakukan dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau LinkedIn.

4. Email Marketing

Email marketing adalah pemasaran online yang dilakukan dengan cara mengirim email kepada para calon konsumen yang bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan calon klien dan menjadikan mereka menjadi pelanggan setia kamu.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *