Kekurangan dan Kelebihan Digital Marketing

Ada baiknya jika kita mau menggunakan sesuatu, perlu mengetahui baik buruk, kelebihan dan kekurangan, termasuk disini adalah kelebihan dan kekurangan menggunakan digital marketing. Kita berharap ketika sudah lebih memahaminya, kita  bisa menjadi lebih yakin dalam memutuskan untuk menggunakan atau tidak.

Sering terjadi, kita menjadi kecewa dengan sesuatu karena terlalu mempercayai segala informasi tentang kelebihan suatu hal baru, tanpa mengantisipasi adanya kekurangan atau resiko yang mungkin saja bisa terjadi.

Kelebihan Menggunakan Digital Marketing

1.Memudahkan Kegiatan Pemasaran

Digital marketing tak lain adalah kegitan marketing dengan menggunakan media digital. Memudahkan disini artinya adalah mudah dalam mendapatkan customer dalam meningkatkan pemasaran.

Digital merupakan teknologi untuk mendapatkan customer lebih spesifik, yaitu menjaring customer yang mempunyai minat dengan produk atau jasa anda, sehingga peluang terjadinya penjualan lebih tinggi.

2. Pemasaran Lebih Efektif dalam Menjangkau Customer

Kita bisa menarget ingin berapa jumlah pengunjung yang datang ke website atau toko online kita dalam sehari. Menggunakan beberapa media iklan digital marketing kita bisa melakukan hal ini.

Berbeda dengan toko offline, berapa banyak yang datang kita tidak bisa mengontrol, tergantung pada orang yang datang dan mungkin ramainya pada waktu atau event tertentu saja.

3. Biaya Iklan yang Murah

Bidang marketing pemasaran tidak akan pernah lepas dengan beriklan. Sudah sejak dari dulu bahwa melakukan pemasaran setidaknya akan menggunakan iklan, mulai dari iklan di kolom koran, majalah, radio, hingga televisi

Kita tahu harga iklan di media konvensional harganya jutaan, puluhan bahkan ratusan juta rupiah yang akan sulit dijangkau oleh pebisnis kecil.

4. Tidak ada batas waktu

Jika pada iklan media cetak atau media tv maka iklan yang Anda bayar akan di tayangkan sesuai dengan jangka waktu yang telah di sepakati dan bisa menghilang jika jangka waktu tersebut sudah lebih. Jika jangka waktu sudah habis maka Anda harus membuat iklan baru lagi dan membayar kembali.

Namun berbeda jika Anda memilih untuk promosi menggunakan digital marketing. Sebab setiap iklan perusahaan yang Anda bayar bisa ada terus menerus dan tidak terbatas pada waktu. Apalagi jika Anda beriklan pada website yang Anda miliki sendiri maka tidak ada batasan waktu untuk iklan Anda tersebut.

Kekurangan Digital Marketing

1. Mudah Ditiru

Di Indonesia masalah plagiatisme atau peniruan sangatlah marak dan sudah tidak terhitung lagi. Ini di karenakan belum ada hukum pasti tentang perilaku plagiat ini. Padahal keberadaan para pihak plagiat yang tidak bertanggung jawab ini sangat lah merugikan oleh para pencipta.

Mengapa demikian? Sebab pihak plagiat tidak perlu berfikir untuk menciptakan suatu karya dan tinggal meng copy atau meniru karya yang sudah ada.

Sama halnya dengan iklan dengan media digital marketing. Dimana kekurangan nya adalah mudah sekali di tiru. Ini di karenakan iklan ada di internet dan hak milik yang belum pasti. Ini lah alasan mengapa iklan di digital marketing mudah sekali di tiru.

2. Pesaing Yang Semakin Banyak

Karena setiap orang mulai menyadari bahwa internet sangat berguna untuk memajukan usaha mereka maka dari waktu ke waktu semakin banyak juga pengusaha yang menggunakan internet sebagai media promosi melalui digital marketing.

Karena hal ini kemudian para pesaing bisnis yang Anda miliki juga semakin banyak. Sebab dari waktu ke waktu semakin banyak pula pengusaha yang memilih digital marketing untuk media promosi.

Adanya pesaing bisnis yang semakin banyak maka perusahaan Anda juga bisa di bilang semakin mudah untuk di geser. Ini lah mengapa penting untuk Anda menciptakan iklan yang berbeda dari iklan sejenis dan tentu saja dengan jasa pengiklan yang terpercaya.

3. Tidak Selalu Cocok

Kekurangan selanjutnya dari promosi menggunakan digital marketing adalah tidak selalu cocok antara pembuat iklan dengan pemilik perusahaan dan juga dengan customer. Jika perusahaan mengidekan sebuah iklan bisnis yang dianggap cocok namun ternyata sama sekali tidak cocok dengan customer maka iklan tersebut tidak akan mendatangkan customer baru.

Karena setiap customer memiliki selera yang berbeda dan tidak selalu sama dengan minat orang lain. Sebab ini lah mengapa banyak perusahaan yang bisa mendapat kerugian sebab iklan yang tidak diminati oleh customer. Bahkan tidak jarang juga target yang sudah di tetapkan tidak bisa terpenuhi karena iklan yang kurang diminati.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *