Apa itu Konsultan IT

IT consultant atau Konsultan IT membantu bisnis atau perorangan untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kinerja melalui teknologi.

Konsultan IT adalah mereka yang memiliki keahlian baik dalam berkomunikasi, memiliki keterampilan organisasi, dan yang terpenting memiliki pemahaman yang baik tentang sistem IT.

Konsultan IT biasanya bekerja sebagai jembatan antara tim teknis dan anggota staf untuk mengetahui kebutuhan model dan strategi bisnis klien. Keberadaan seorang konsultan IT di Indonesia tidak terlihat sebagai suatu profesi yang asing, bahkan banyak perusahaan yang menyediakan jasa konsultan dalam bidang teknologi informasi dan menawarkan gaji yang tinggi.

Untuk menjadi seorang konsultan IT, kamu harus mempunyai kemampuan tersendiri di bidang teknologi informasi. Kamu juga harus memahami kepribadian serta harapan seorang klien dan menerjemahkannya dalam bentuk teknologi informasi.

Tanggung Jawab Seorang Konsultan IT

Sebagai konsultan IT, kamu memiliki berbagai tanggung jawab yang berhubungan dengan klien dan teknologi. Di antaranya adalah:

  • Bertemu dengan klien untuk membicarakan persyaratan yang diperlukan
  • Bekerja dengan klien untuk menentukan ruang lingkup pekerjaan dalam sebuah proyek
  • Merencanakan rentang waktu dan sumber daya yang dibutuhkan
  • Memperjelas spesifikasi sistem milik klien, memahami praktik kerja dan bisnis klien
  • Berhubungan dengan staf di semua tingkatan organisasi klien
  • Menentukan persyaratan dan kebutuhan dari software, hardware, dan jaringan
  • Menganalisa persyaratan IT dalam perusahaan dan memberikan saran yang objektif tentang penggunaan teknologi
  • Mengembangkan solusi sesuai kesepakatan dan menerapkan sistem baru jika diperlukan
  • Memberikan solusi dalam bentuk laporan
  • Membantu klien jika memerlukan perubahaan dalam kegiatan pembelian sistem dan teknologi
  • Mendesain, menguji, melakukan install, dan memantau sistem baru
  • Menyiapkan dokumen serta memberikan laporan kepada klien dan perusahaan
  • Mengatur pelatihan untuk pengguna atau pun konsultan lainnya

Indonesia yang saat ini sedang berada di masa di mana banyak perusahaan baru yang tidak bisa lepas dari teknologi tentu saja memerlukan konsultan IT. Konsultasi dibidang IT di Indonesia bisa membantu perusahaan memutuskan teknologi mana yang cocok digunakan dan relevan dengan kebutuhan.

Ambil contoh tentang penyusunan masterplan. Sebuah masterplan IT harus bisa bersifat fleksibel dalam merespon pembaruan terbaru atau kemungkinan-kemungkinan lainnya yang bisa muncul secara dinamis dan cepat. Sampai di bagian ini, kesalahan yang bisa terjadi adalah memilih jasa konsultan yang tidak berpengalaman dalam hal implementasi. Mengembangkan dan memperbarui konten di dalam sistem masterplan IT membutuhkan waktu serta keputusan yang tepat dari konsultan pilihan. Maka, jangan pertaruhkan aset berharga masterplan IT ke tangan yang tidak tepat.

Ketika pemilik suatu bisnis telah mematok kebutuhan yang mesti dipenuhi supaya bisa mencapai tujuan selanjutnya, seorang konsultan IT akan melakukan perhitungan. Seberapa besar cakupannya, berapa biayanya, dan berapa alokasi waktu yang diperlukan. Kerja dari seorang konsultan IT adalah untuk mendukung serta membantu langkah perusahaan ini dari awal mula proyek hingga selesai. Ditambah, bantuan yang diberikan tidak hanya di ranah yang telah disebutkan di atas, tetapi sampai ke kepuasan klien

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *