Konsultan Marketing

Seorang konsultan membantu menciptakan rencana marketing yang detail, menentukan pesan marketing, dan mengenali kombinasi marketing yang sesuai untuk bisa mengeluarkan pesan tersebut.

Mereka kemudian mengikuti rencana tersebut secara menyeluruh, dan kemudian menjalankannya dan menerapkan strategi marketing. Mereka akan memantau hasilnya, melakukan perubahan yang diperlukan dan memastikan bahwa perusahaan mendapatkan hasil yang terbaik dari usaha pemasarannya.

Seorang konsultan pemasaran akan dibekali dengan keahlian dan pengetahuan tentang perilaku konsumen dan proses pemasaran. Hal ini termasuk kemampuan untuk mengenali sasaran pasar perusahaan dan posisi mereka terhadap produk dan layanan yang ditawarkan, dengan cara yang menarik konsumen dan membuat mereka untuk membelinya.

Jasa konsultasi Marketing adalah jasa konsultasi yang khusus menangani permasalahan marketing, branding dan penjualan bisnis Anda yang baru dibuat maupun yang sedang berkembang

Jenis Jasa Konsultasi Marketing, Meliputi :

  1. Jasa Pembuatan Strategi Marketing

Merencanakan strategi marketing yang tepat bagi bisnis berkembang, bisnis baru maupun produk baru

  1. Jasa Analisa Kompetitor

Menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing langsung dan tidak langsung dari bisnis Anda

  1. ‌Jasa Analisa Pasar

Menganalisa kondisi pasar yang di target sebelum Anda memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang Ada

  1. ‌Jasa Branding

Menciptakan daya tarik kepada calon pelanggan bisnis Anda dengan menyusun rencana pemasaran yang terintegrasi

seorang konsultan marketing masih sangat dibutuhkan untuk mengambil kebijakan strategis yang adil dan tepat sasaran. Berikut adalah beberapa poin penting akan peran seorang konsultan marketing :

1. Pembuat Strategi Marketing

Sebuah bisnis yang dijalankan tanpa strategi marketing bagaikan berlayar tanpa arah dan tujuan. Anda akan menghabiskan segala tenaga, waktu dan biaya tanpa bisa mendapat hasil yang diharapkan.

Menganalisa bisnis Anda kemudian membuatkan strategi yang tepat dapat amat menyita waktu dan tenaga. Disitulah peran terbesar seorang konsultan marketing yang bermanfaat bagi kelangsungan bisnis Anda seterusnya.

2. Menjalankan Marketing Plan

Seorang konsultan marketing juga terkadang memiliki jasa pendukung sebagai pelaksana dari marketing plan yang telah dibuat, agar kegiatan marketing yang akan dijalankan sesuai dengan rencana.

3. Mengaudit Posisi Brand

Menjalankan sebuah bisnis agar bisa mendulang profit butuh upaya untuk membangun brand yang kuat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dimana posisi brand Anda di mata pelanggan.

Brand yang kuat akan memudahkan tim sales untuk menjual, dan meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda. Disini seorang konsultan marketing akan berperan untuk menganalisa dengan objektif dan detail mengenai brand positioning bisnis Anda.

4. Pemberi Masukan Kebijakan Marketing

Seorang entrepreneur memang harus memahami seluk beluk proses bisnisnya dan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, kesibukan CEO atau owner bisnis pastilah membuat konsentrasinya terpecah-pecah oleh berbagai hal.

Itulah saatnya bagi konsultan marketing untuk berperan sebagai independent advisor yang memberi masukan dan pandangannya terhadap masalah terkait kebijakan marketing. Saran dari profesional dibidangnya akan memudahkan pemimpin perusahaan untuk mengambil keputusan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *