Mengenal Keterampilan dan Kompetensi Konsultan

Dunia konsultasi sangat luas. Perusahaan saat ini mengandalkan konsultan di hampir setiap industri, mulai dari perawatan kesehatan hingga pertanian. Meskipun hal ini mungkin menakutkan bagi mereka yang bertanya-tanya bagaimana memenuhi kompetensi konsultan manajemen atau mengembangkan bisnis konsultasi. Sesungguhnya ada keterampilan kunci tertentu yang harus dimiliki oleh semua konsultan agar menjadi kompeten.

Dewasa ini, pekerjaan sebagai konsultan semakin diminati oleh masyarakat di berbagai rumpun keilmuan. Pasalnya, pekerjaan di bidang ini sangat luas, bahkan bisa jadi mencakup seluruh sektor kehidupan. Mulai dari teknologi, hukum, perpajakan, bisnis, kesehatan, dan masih banyak lagi. Di samping itu, umumnya sistem kerja yang diadopsi rata-rata work from home dengan jadwal kerja fleksibel, terlepas dari ada atau tidaknya pandemi.

Kompetensi Konsultan Bisnis yang Harus Dimiliki Agar Sukses di 2021

Menikmati Pemecahan Masalah

Tujuan dari proyek konsultasi bukanlah untuk mempertahankan status quo. Jika jasa telah disewa oleh klien, maka sadarilah manfaat keberadaan Anda di sana adalah memecahkan masalah, atau paling tidak mencegah terjadinya masalah di kemudian hari.

Dalam konteks ini, ada tuntutan untuk mampu berpikir kritis. Klien akan mengharapkan Anda untuk mengatasi masalah kompleks yang mengganggu bisnis mereka. Mungkin mereka sudah memulai pra-kerja dan memiliki arah pikiran sendiri. Namun, bisa jadi mereka bahkan sama sekali mengandalkan pkehadiran Anda untuk memulai diskusi.

Pada intinya, tugas utama Anda adalah menawarkan solusi untuk masalah kritis yang mungkin sedang dihadapi perusahaan klien, di mana harus ada data valid sebagai pendukung argumen. Maka dari itu, pelajari seluk beluk organisasi klien, baca tren pasar, riset pesaing, dan lakukan analisis data jika perlu.

Melalui itu semua, tetaplah berkepala dingin. Jangan terlalu terpaku pada detail terkecil sehingga membuat Anda kehilangan gambaran yang lebih besar. Miliki visi, lalu pastikan selama prosesnya semua aspek terkait diteliti dengan baik, dan patuhi secara saksama.

Manfaatkan Momen Presentasi Secara Optimal

Tentu saja, tidak cukup hanya memiliki proposal yang solid. Anda juga harus mempersiapkan dan membagikan hasil temuan dengan klien. Untuk memastikan ide tersebut bertahan di bawah pengawasan, maka kuncinya terletak pada optimasi keterampilan presentasi.

Saat membuat dokumen presentasi, pastikan setiap slide mengikuti gaya terpadu. Gunakan font dan warna yang sesuai dengan suasana rapat. Bahkan sertakan logo brand Anda bila perlu.

Ingat posisi audiens, jika tim dalam proyek tersebut memiliki banyak pemangku kepentingan, cari cara untuk membuat mereka tetap terlibat. Lakukan antisipasi kalua-kalau ada umpan balik dari audiens, dan persiapkan argumen yang akan membantu Anda memperoleh dukungan mereka.

Ketika tiba saatnya untuk mempresentasikan, ungkapkan setiap jalinan ide dengan jelas dan tepat. Tidak perlu menjelaskan terlalu detail, namun harus ada target terstruktur. Perhatikan postur, nada, dan intonasi suara. Bahkan jika perlu, manfaatkan gaya story telling sembari tetap menyertakan data-data valid.

Pelajari Skill Lanjutan

Kompetensi Konsultan, Mampu Menawarkan Pembaruan

Aspek pembaruan dalam suatu sektor industri sangatlah dibutuhkan sebagai poin unggulan di tengah ketatnya persaingan. Itu berarti, Anda harus mampu menyajikan ide-ide khas yang belum dimiliki oleh para pesaing. Caranya cukup mudah, lakukan riset pasar secara cermat dan perbanyak membaca literatur relevan terkait masalah yang sedang dihadapai oleh klien. Butuh waktu tidak sebentar untuk menguasai kompetensi konsultan, di samping perlunya praktik secara konsisten dan berkelanjutan. Karenanya, perluas relasi serta dapatkan klien lebih banyak setiap masanya. Tunggu apalagi? segera konsultasikan masalah anda dengan menghubungi 082211116200.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *