You are currently viewing Biaya Daftar BPOM Kosmetik Terbaru 2022 Yang Wajib Kalian Ketahui

Biaya Daftar BPOM Kosmetik Terbaru 2022 Yang Wajib Kalian Ketahui

Kosmetik merupakan barang yang saat ini banyak dicari oleh banyak orang. Tentu saja produk yang paling dicari pasti telah terdaftar BPOM nya. Bagi orang yang masih tergolong awam tentu penasaran bukan tentang biaya daftar BPOM kosmetik.

Izin peredaran merupakan salah satu hal yang paling penting dipunyai pada tiap produk yang nantinya beredar di Indonesia. Bahkan memang sudah ada peraturan tentang keharusan perizinan edar yang tertuang pada peraturan kepala Badan POM nomor 27 thn 2017 mengenai pendaftaran pangan olahan. Di sana dijelaskan bahwa setiap pangan olahan baik itu diproduksi di luar negeri maupun di dalam negeri jangan tujuan untuk diperdagangkan pada bentuk kemasan eceran tentunya harus punya izin edar.

Negara Indonesia punya lembaga kewenangan yang tugasnya mengeluarkan izin edar terhadap pangan olahan. Lembaganya yaitu dinas kesehatan dan badan pengawas obat dan makanan atau biasa disebut dengan BPOM. Izin tersebut sangat dibutuhkan karena dengan adanya hal tersebut masyarakat bisa memperoleh kepastian hukum mengenai produk olahan nantinya akan mereka pakai. Bentuk pelaku usaha adanya kepastian hukum bisa memberi kelancaran dalam melakukan penjangkauan pasar lebih luas lagi hingga ke luar negeri.

Biaya Daftar BPOM Kosmetik Terbaru 2021 Yang Wajib Kalian Ketahui

Biaya Daftar BPOM Kosmetik Pada Register Izin Edarnya

Menurut pasal 3 ayat 1 dijelaskan bahwa pelaku UMKM dan juga industri rumah tangga pangan bisa terkena tarif sekitar 50% dari tarif sudah ditentukan pada proses registrasi, sampai dengan pengujian agar bisa memperoleh izin edar.

Bahkan terdapat lampiran berlalu itu dimiliki pada biaya logistik izin edar BPOM nya yaitu jasa notifikasi kosmetik yang telah diproduksi di luar negara yang masuk pada Asean itu mulai 1,5 juta per item nya. Dan pada produksi negara yang termasuk Asean itu sekitar rp. 500.000 per item nya.

Agar bisa memperpanjang batal melakukan registrasi ulang itu berlaku sekitar 5 tahun itu akan dikenal tarif sekitar 1 juta per item nya khusus pada usaha kecil obat tradisional Serka sekitar 5 juta bersertifikat guna sertifikasi pada cara pembuatan kosmetik baik atau disingkat dengan cpkb.

Tutorial Registrasi Dapat Izin Dari BPOM

Pada  proses daftarterhadap izin BPOM secara online dapat diakses via laman BPOM Рnya. Dengan begitu untuk proses registrasi izin edarnya pada setiap produk akan lebih gampang jika dibandingkan dengan biasanya. Supaya dapat lakukan pendaftaran pada produk kosmetik dengan tujuan memperoleh izin edar BPOM terlebih dahulu daftar ke perusahaan produsen dari produk yang kalian punya.

Agar lebih jelas kalian bisa simak penjelasan berikut ini. Pertama kali kamu harus daftarkan perusahaan terkait produknya. Semisal sudah silahkan buka laman E-bpom. Nantinya pada opsi registrasi baru itu dipilih. Isilah formulir pendaftaran perusahaan sudah tersedia, itu mulai dari data usaha, data user, dan juga datang pertanggungjawaban.

Lalu silahkan klik berikutnya, silakan masuk ke data pemeriksaan sarana bangunan atau BPOM dipunyai oleh pabrik. Lakukan penunduhan berkas untuk jadi tambahan syaratannya. Tunggulah hasil pemeriksaan yang telah kalian lakukan. Semisal hasil verifikasi sudah dinyatakan benar dan juga lengkap maka akan terima pemberitahuan terkait user dengan isinya user ID dan juga password ketika melakukan pendaftaran produk.

Perizinan Terhadap Produksi Kosmetik

Masih banyak masyarakat yang tak terlalu memperdulikan keamanan produk yang dipakainya. Produk baru harus punya izin produksi terlebih dahulu, jadinya tidak moro-moro langsung melakukan pemasaran produk. Ternyata terdapat dua izin produksi untuk kosmetik yang sudah disediakan, diantaranya yaitu :

Izin melakukan produksi pada seluruh bentuk dan juga jenis sediaan kosmetik. Syarat terhadap izin gol A diantaranya yaitu punya apoteker, punya fasilitas produksi sesuai dengan produk yang nantinya akan dibuat, punya laboratorium serta melakukan pelaksanaan cara pembuatan kosmetik yang baik atau biasa disingkat dengan CPKB.

Izin melakukan produksi bentuk dan juga jenis sediaan terhadap kosmetik tertentu dengan memakai teknologi yang sederhana. Persyaratan izin pada golongan B di antaranya yaitu punya tenaga teknik kefarmasian, bersedia melakukan penerapan higiene sanitasi serta dokumentasi sesuai dengan cara pembuatan kosmetik yang baik dan benar, juga punya fasilitas produksi memakai teknologi yang sederhana.

Proses Daftar Pada Produksi Kosmetik

Jika ingin melakukan produksi kosmetik harus terdaftar bahan usaha baru. Pendaftaran bisa secara online dengan melengkapi persyaratan dan juga dokumen yang telah ditentukan. Cara untuk daftar BPOM kosmetik pada izin badan usaha yang baru yaitu pertama kalian harus buat head akun.

Nah jika sudah bisa lanjut untuk buat sub akun. Langkah selanjutnya yaitu buat sub perusahaan. Maka jika telah selesai semua proses pendaftaran untuk produksi kosmetik telah kalian lakukan sudah selesai.

Jadi itulah sekilas mengenai biaya daftar BPOM kosmetik yang perlu kalian ketahui. Khususnya bagi pengusaha yang masih pemula. Semoga penjelasan diatas bisa membantu dan juga bisa menambah pengetahuan kalian ya.

Konsultan Indonesia

Konsultan Indonesia adalah perusahaan yang menyediakan marketplace bagi jasa konsultan pertama yang bertindak sebagai perantara dan penyambung dalam menengahi proses transaksi yang terjadi agar menjadi lebih aman dan adil bagi semua pihak yang terlibat.